Log in

Tujuh Pejabat Eselon II Pemkab Karo Dirotasi

Sekda Kabupaten Karo Drs Kamperas Terkelin Purba Msi diabadikan bersama Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Karo yang baru, Ir Metehsa Karo-Karo usai pelantikan. Sekda Kabupaten Karo Drs Kamperas Terkelin Purba Msi diabadikan bersama Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Karo yang baru, Ir Metehsa Karo-Karo usai pelantikan.

Kabanjahe-andalas Terjawab sudah rumor soal rotasi dan mutasi sejumlah pejabat eselon II di lingkungan Pemkab Karo yang beberapa hari belakangan ini menjadi perbincangan hangat kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) di sana.

Itu setelah Bupati Karo Terkelin Brahmana SH melantik dan mengambil sumpah tujuh pejabat di lingkungan Pemkab Karo di Aula Kantor Bupati Karo, Kabanjahe, Jumat siang (12/7).

Ketujuh pejabat tinggi pratama yang dilantik sesuai Surat Keputusan Bupati Karo Nomor: 821.22 /448/ BKD/2019 tanggal 08 Juli 2019, antara lain Ir Mulia Barus MSi yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menempati pos baru sebagai Staf Ahli Bupati Karo bidang Ekonomi Pembangunan. Sementara kursi Kepala Dinas Pariwisata Karo  menjadi kosong.

Kemudian Susy Iswara Bangun SE MSi yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu kini menjabat Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Posisi yang ditinggalkan Susy Iswara Bangun selanjutnya digantikan Alemina Bangun SH yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

Selanjutnya, Drs Edison Karo-Karo Msi menjadi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, sebelumnya menjabat Kadis Ketahanan Pangan. Ir Paten Purba menjadi Kepala Dinas Ketahanan Pangan. Sebelumnya ia menjabat Kepala Dinas PUPR. Dengan dimutasinya Paten Purba maka jabatan Kadis PUPR menjadi lowong.

Lalu Ir Metehsa Karo-Karo menjadi Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Peternakan. Ia bertukar posisi dengan Sarjana Purba, yang kini menjabat Kadis Perikanan.

Seusai mengucapkan sumpah janji, mereka kemudian membacakan pakta integritas yang diwakili Edison Karo-Karo, selanjutnya mereka tandatangani.

Dalam arahannya, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH menjelaskan seluruh pejabat pimpinan tinggi pratama yang telah mengikuti evaluasi kinerja dan penilaian kompetensi tahun 2019, agar meningkatkan kinerjanya masing-masing, melalui penandatanganan kontrak kinerja, sehingga target kerja dapat terukur dengan meningkatkan kompetensi kerja.     

“Dan selanjutnya saya akan mengevaluasi kinerja saudara setelah masa satu tahun  bekerja menduduki jabatan sekarang,” ujarnya.

Terkelin kembali menegaskan, rotasi dan mutasi pejabat tidak semata-mata didasarkan pada kewenangannya sebagai Bupati. Tetapi juga memperhatikan norma-norma kepegawaian yang berlaku, kompetensi, integritas, dan aspek manajemen sumber daya manusia.

“Rotasi dan mutasi pejabat ini didasarkan pada kebutuhan untuk menjawab tantangan yang dihadapi Pemkab Karo,” ujarnya.

Bupati menegaskan rotasi pejabat pimpinan tinggi pratama ini telah melalui tahapan uji kompetensi dan telah mendapat rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dengan Nomor B-1736/ KASN/5/2019 tanggal 24 Mei 2019.

“Selaku Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) yang mempunyai kewenangan menetapkan pengangkatan, pemindahan, dan pemberhentian pegawai ASN, saya tetap melakukan pertimbangan yang berdasarkan pada objektivitas, kompetensi, kualifikasi, syarat jabatan, penilaian terhadap prestasi kerja, kepemimpinan, kerja sama, kreativitas, tanpa membedakan gender, suku, agama, ras dan golongan, bahwa ini sejalan dengan hasil penilaian dari tim,” jelas Terkelin. (RTA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px