Log in

RSUD Sidikalang Turun Kelas Menjadi Tipe D

GEDUNG RSUD Sidikalang yang direkomendasikan turun kelas dari Tipe C menjadi Tipe D. GEDUNG RSUD Sidikalang yang direkomendasikan turun kelas dari Tipe C menjadi Tipe D.

Sidikalang-andalas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sidikalang milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dairi direkomendasikan turun kelas dari Tipe C menjadi Pipe D. Rekomendasi diterbitkan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan tertanggal 15 Juli 2019 ditandatangani Dirjen Pelayanan Kesehatan Bambang Wibowo.

Tidak hanya RSUD Sidikalang, dalam dokumen rekomendari yang diterbitkan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan tersebut terdapat sejumlah rumah sakit di seluruh Indonesia mengalami perubahan dan penyesuaian kelas.

Meski demikian, RSUD Sidikalang dan rumah sakit lainya masih diberi kesempatan selama 28 hari untuk memberi tanggapan berupa keberatan atau tidak keberatan terkait rekomendasi perubahan kelas tersebut.

Direktur RSU Sidikalang Henry Manik menjawab pertanyaan wartawan, melalui pesan elektronik, Jumat (19/7) mengatakan, pihaknya masih mengajukan keberatan ditujukan kepada Subdit Pengelolaan Rujukan dan Pemantauan Rumah Sakit Dirjen Yankas Kementerian Kesehatan.

Sebagaimana telah diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Dairi di bawah kepemimpinan Eddy Kelleng Ate Berutu (Bupati) dan Jimmy AL Sihombing (Wakil Bupati) memberikan atensi terhadap pembenahan RSUD Sidikalang dan menjadi salah satu bagian dari program 100 kerja.

Hari pertama masa kerjanya, RSUD menjadi sasaran yang dikunjungi. Kala itu, Eddy KA Berutu juga meminta agar disediakan ruangan kerja di RSUD. Pada hari-hari selanjutnya, lembaga itu kerap didatangi pada kunjungan inspeksi mendadak (sidak).

Kemudian, dua minggu setelah menjabat, tepatnya pada Jumat 10 Mei 2019 lalu, Eddy KA Berutu bersama Kepala Dinas Kesehatan Nitawaty Sitohang dan Direktur RSU Sidikalang Henry Manik melakukan pertemuan dengan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek  di Jakarta. Agenda kunjungan bertujuan mengusulkan pengembangan RSU dan Puskesmas.

Sementara itu, dikutip dari  situs www.pasienbpjs.com, diterangkan bahwa RSU tipe D hanya memberi pelayanan kedokteran umum dan kedokteran gigi. Sama halnya dengan RSU tipe C, RSU tipe D juga menampung pelayanan yang berasal dari Puskesmas. (GOL)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px