Log in

Ketua KPU Madina: Tahapan Pilkada 2020 Dimulai September 2019

Ketua KPU Madina Fadhillah Syarief SH Ketua KPU Madina Fadhillah Syarief SH

Madina-andalas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) memprediksi tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) akan dimulai pada September 2019 sampai September 2020 mendatang.

Ketua KPU Mandailing Natal Fadhillah Syarief mengungkapkan, Kabupaten Madina dipastikan salah satu daerah kabupaten/kota di Sumut yang ikut melaksanakan (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati yang akan dilaksanakan secara serentak tahun 2020 mendatang.

"Tahapan Pilkada serentak sendiri dilaksanakan mulai September 2019 ini dan untuk pencoblosan, berdasarkan informasi yang kami terima dari KPU Pusat, kemungkinan dilaksanakan September 2020 mendatang," kata Syarief kepada andalas di Panyabungan, Rabu (19/6).

Terkait tanggal berapa dimulai jadwal tahapan Pilkada tersebut, KPU Madina masih menunggu draf jadwal tahapan dari KPU RI. "Sementara informasi yang kami terima sampai saat ini, KPU RI masih melakukan penyusunan draf jadwal tahapannya," ujarnya.

Namun, kata Syarief, jika merujuk pada Pilkada sebelumnya di Kabupaten Madina dan daerah kabupaten/kota lainnya di Sumut ada beberapa tahapan. Seperti penyusunan anggaran, sosialiasi, pembentukan badan adhoc. Pembentukan Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di setiap desa dan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

"Jadi kalau misalkan tidak ada perubahaan kebijakan yang bersifat secara nasional, sesuai yang disampaikan Komisioner KPU RI, kemungkinan KPU Madina akan menerima jadwal tahapan tersebut pada Agustus 2019 ini," ucapnya.

Syarief mengakui, KPU Madina sudah melaksanakan tahapan Pilkada diantaranya menyampaikaan proposal pengajuan estimasi anggaran untuk pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Madina baru tersebut.

Sementara itu, meski tahapan Pilkada serentah 2020 baru akan dimulai pada Semetember 2019 mendatang, sejumlah nama-nama bakal calon Bupati Madina sudah mencuat di masyarakat. Mereka dikabarkan akan turut serta dalam perhelatan Pilkada Madina.

Naman-nama tersebut di antaranya H Musthafa Bakhri Nasution (Mudir Pesantren Mustafawiyah Purba Baru), Fahrizal Efendi Nasution (anggota DPRD Sumut dari Partai Hanura), Erwin Efendi Lubis (Ketua DPC Gerindra Madina), Amin Nasution SH MH (Pendiri LBH Al-Amin).

Kemuduan pasangan petahana Bupati Madina Drs Dahlan Hasan Nasution dan Wakil Bupati Madina HM Jakfar Sukhairi Nasution juga diprediksi masih maju pada Pilkada serentak 2020 mendatang. (JBL)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px