Log in

4 Tanda Kamu Orang yang Punya Kecerdasan Emosional


Kita sering mendengar istilah kecerdasan emosional. Namun, tak banyak yang benar-benar tahu cara mengidentifikasinya, baik itu di dalam diri sendiri maupun orang lain.

Secara sederhana, kecerdasan emosional pada dasarnya adalah cara Anda memahami, mengekspresikan, dan mengelola emosi. Dan, ini penting, karena semakin Anda memahami aspek-aspek diri Anda, semakin baik kesehatan mental dan perilaku sosial Anda.

Hal itu dinyatakan Profesor bidang Emosi dan Motivasi, Jose M. Mestre, dari Universidad de Cádiz dan Kimberly A. Barchard, Associate Professor di bidang Psikologi Kuantitatif, Universitas Nevada, Las Vegas.

Sebagaimana dilansir dari IFL Science, Kamis 13 Juni 2019, kecerdasan emosi yang ditingkatkan dapat sangat berguna dalam segala keadaan - baik itu di tempat kerja, di rumah, di sekolah, atau bahkan ketika Anda hanya bersosialisasi dengan teman-teman.

Jadi, jika Anda ingin tahu apakah Anda cerdas secara emosional, cukup periksa daftar di bawah ini.

1. Anda memikirkan reaksi Anda

Kecerdasan emosional dapat berarti perbedaan antara reaksi yang baik dan reaksi buruk terhadap keadaan. Emosi dapat berisi informasi penting yang dapat berguna untuk fungsi pribadi dan sosial tetapi kadang-kadang emosi ini juga dapat membanjiri kita, dan membuat kita bertindak dengan cara yang kita tidak inginkan.

Orang yang kurang memiliki kecerdasan emosional cenderung bereaksi, tanpa memberi waktu pada diri mereka sendiri untuk mempertimbangkan pro dan kontra dari suatu situasi dan benar-benar memikirkan semuanya.

Orang yang kurang mampu mengatur perasaan negatifnya, juga lebih mungkin mengalami kesulitan berfungsi secara sosial yang dapat memperburuk perasaan depresi.

Orang dengan depresi berat, terbukti sulit memahami dan mengelola emosi mereka. Dan, penelitian juga menunjukkan bahwa lebih banyak gejala depresi hadir pada orang dengan kecerdasan emosi yang lebih rendah - bahkan jika mereka tidak mengalami depresi klinis.

2.  Anda melihat situasi sebagai tantangan

Jika Anda dapat mengenali emosi negatif dalam diri Anda dan melihat situasi sulit sebagai tantangan, serta berfokus pada hal positif dan tekun, kemungkinan besar Anda memiliki kecerdasan emosi yang tinggi.

Bayangkan sejenak, Anda kehilangan pekerjaan. Seseorang yang cerdas secara emosional mungkin menganggap emosi mereka sebagai isyarat untuk mengambil tindakan, baik untuk menghadapi tantangan maupun untuk mengendalikan pikiran dan perasaan mereka.

Tetapi, seseorang dengan keterampilan emosional yang buruk, mungkin merenungkan kehilangan pekerjaan mereka, menganggap diri mereka sebagai pengangguran yang putus asa, dan mengalami depresi. Pada umumnya, orang dengan kecerdasan emosi tinggi tidak menyerah.

3. Anda dapat mengatur emosi

Pasti ada saat-saat ketika perasaan dapat menguasai seseorang, tetapi jika Anda adalah orang yang cerdas secara emosional, ada kemungkinan bahwa ketika ini terjadi, Anda memiliki keterampilan yang diperlukan untuk mengatur emosi Anda dengan tepat.

Jadi, orang yang cerdas secara emosional mengetahui bagaimana menemukan sweet spot, yaitu antara terlalu banyak dan terlalu sedikit kecemasan, bisa menjadi hal yang berguna. Dan, ini salah satunya mengapa kecerdasan emosional telah terbukti terkait dengan tingkat kecemasan yang lebih rendah.

4. Anda dapat menempatkan diri pada posisi orang lain

Kecerdasan emosional dapat menjadi sangat penting di tempat kerja yang membutuhkan "kerja emosional" berat - di mana karyawan harus mengelola emosi mereka sesuai dengan aturan organisasi.

Ini dapat mencakup pekerjaan layanan pelanggan, di mana pekerja mungkin perlu bersimpati dengan pelanggan terlepas dari kenyataan bahwa pelanggan mungkin meneriaki mereka.

Inilah sebabnya, mengapa sekarang pelatihan kecerdasan emosional di tempat kerja menjadi hal umum. Dengan pelatihan paling efektif yang berfokus pada manajemen dan ekspresi emosi, yang secara langsung terkait dengan komunikasi dan kinerja pekerjaan.

Penting juga untuk menunjukkan bahwa kecerdasan emosional adalah kemampuan kognitif yang dapat meningkat sepanjang hidup Anda.

Jadi, jika Anda tidak mengenali banyak dari diri Anda dalam sifat-sifat yang tercantum di atas, jangan takut, masih ada waktu bagi Anda untuk berlatih dan belajar untuk memperoleh kecerdasan emosional Anda. (VIVA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px